Jajanan Yang Berbahaya Bagi Anak Anda

Cara Hidup Sehat – Sebagai orang tua kita tentunya akan memberikan yang terbaik bagi anak kita, tapi kadang karena ingin menyenangkan hati anak, kita dengan gampangnya membelikan anak kita jajanan, tanpa kita tau bahwa makanan tersebut sebenarnya berbahaya bagi kesehatan anak, sumber penyakit biasanya berasal dari apa yang di makan anak kita, apalagi dengan banyaknya penjual yang tidak memperdulikan tentang gizi pada makanan yang di jualnya, hanya mengejar untung saja.

Menurut survey yang di lakukan oleh BPOM, tahun 2007 sekitar 45% jajanan anak berbahaya, bisa oleh pencemaran fisik, mikrobiologi, dan bahan kimia. apalagi di zaman sekarang yang kehidupan makin sembrawut saja, harga yang melambung, daya beli yang turun, tentunya akan membuat penjual makin susah untuk mengelola jualannya agar dapat untung, maka tidak aneh jika mereka tidak peduli lagi dengan gizi, dan hanya mementingkan untung.

Ada beberapa jajanan anak anak yang sering di curangi, dan berakibat membahayakan bagi anak.

AGAR AGAR JELLY

Berdasarkan temuan sebuah stasiun TV, bahwa ada industri agar agar yang mencampur agar dengan bahan kimia, seperti boraks dan pewarna tekstil, dari yang kita ketahui, kedua zat tersebut sangatlah berbahaya, bukan hanya pada anak kecil, tetapi juga pada orang dewasa, zat tersebut dapat memicu berbagai penyakit berbahaya, terutama kanker.

Sementara industri tersebut sudah memasarkan agar tersebut ke berbagai daerah, memang tidak semua penjual agar agar yang berlaku curang, tapi sebaiknya sebagai orang tua kita harus jeli dalam memilih jajanan, dan dapat membedakan yang asli dan yang berbahaya.

Untuk agar yang asli memiliki tampilan warna yang bercahaya, dan rasa manis yang asli, tidak ada rasa pahit, kenyal tapi mudah hancur, dan juga cepat basi, sementara agar yang berbahaya, memiliki warna yang pekat, rasanya manis tetapi lama lama pahit, kenyal dan padat, serta tahan lama, tidak mudah basi.

PERMEN

Rasa manis memang menjadi idola anak anak, terutama permen, tetapi sebenarnya permen banyak ruginya dari pada manfaatnya, biasanya permen sudah di beri pemanis tambahan (fruktosa), sementara fruktosa diketahui dapat menyebabkan resiko diabetes tipe 2, dan juga obesitas, selain itu permen memiliki kandungan gizi sangat sedikit.

Ini ada beberapa dampak terlalu banyak mengkonsumsi permen :

Gigi rusak

Dengan memakan permen artinya gigi akan bermandikan gula, dan rasa manis pada mulut akan mengundang bakteri, dan bakteri yang berkumpul apabila tidak di bersihkan dapat menimbulkan masalah gigi seperti, penyakit gusi, erosi enamel, dan kerusakan gigi.

Merusak liver

Gula yang di makan oleh anak anak akan di proses menjadi lemak di dalam liver (hati), jika anak anda memakan gula berlebihan, maka liver akan bekerja extra agar dapat memproses gula tersebut hingga menjadi lemak, dan lemak yang tertinggal di hati, lama lama akan menimbulkan gangguan pada hati tersebut.

Kecanduan

Gula termasuk kedalam zat adiktif atau dapat menyebabkan kecanduan, sebab gula dapat mengaktifkan dopamin, dan akan menyebabkan kecanduan.

KERIPIK KENTANG

Siapa yang tidak suka kentang goreng, rasanya yang gurih, dan aneka rasa tambahan yang menggugah selera, tetapi yang namanya kentang goreng tentu pembuatannya dengan di goreng serta memakai minyak goreng, minyak goreng adalah sumber kalori dan lemak jenuh, yang sangat berbahaya bagi jantung. dan mungkin saja minyak yang di gunakan penjual sudah di pakai berkali kali.

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa mengkonsumsi kentang goreng dapat meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2 pada wanita, juga kandungan garam serta lemak trans yang tinggi pada kentang goreng juga dapat memicu gangguan kardiovaskular.

CILOK

Cilok biasa di jual dengan gerobak, dan sebagian penjual ada yang tidak memperhatikan higienis makanan yang di jualnya, banyak yang tidak peduli debu yang masuk kedalam makanan tersebut, sementara debu jalanan bisa saja terkontaminasi dengan bakteri seperti campylobacter, Clostridum difficile, Escherichia coli, salmonella, serta shigella, semua bakteri tersebut dapat menyebabkan keracunan makanan, misalnya diare,, atau juga bisa terkontaminasi virus.

Selain itu ada juga sebagian penjual yang menambahkan boraks di dalamnya, dan juga saus sambal yang menyertainya juga banyak yang di buat dengan boraks serta pewarna tekstil, biasanya ini sering di lakukan oleh penjual agar mendapat untung yang banyak.

ES LIMUN

Es limun mengandung pemanis buatan fruktosa, yang bahayanya sudah di jelaskan di atas, sementara pewarna pada es limun juga banyak yang menggunakan pewarna tekstil atau Rhodamin B.

Rhodamin B diteliti dapat merusak hati, seperti penelitian terhadap tikus yang mendapatkan perubahan sel hati dari normal menjadi nekrosis, dan jaringan di sekitarnya akan mengalami disinterasi. sehingga semakin banyak terkonsumsi, maka semakin dapat merusak hati.

SOSIS DAN NUGGET

WHO atau dikenal dengan organisasi kesehatan dunia, menyatakan daging olahan dapat memicu kanker atau karsinognik, sementara daging olahan yang dapat menyebabkan kanker adalah, bacon, sosis, daging ham, daging kalengan, dan lainnya.

Biasanya daging olahan akan memiliki masa awet yang lebih lama, biasanya di proses dengan pengasapan, fermentasi, penggaraman, dan meningkatkan rasa, hal tersebut biasanya dengan menambahkan zat kimia, atau ketika penyajiannya menambahkan zat kimia.

Misalnya zat nitrit yang sering di gunakan sebagai pengawet daging, dan menurut hasil riset, nitrat atau nitrit jika di goreng atau di panaskan pada suhu tinggi, akan berubah menjadi N-nitroso, atau nitrosamin, yang notabene adalah zat karsinogen penyebab kanker.

Itulah beberapa makanan yang sering di salah gunakan, untuk mendapatkan keuntungan, dan mengabaikan zat berbahaya yang di kandungnya.

Anda sebagai orang tua sebaiknya jeli, dan hati hati dalam membeli jajanan bagi anak anda, dan anda pun sebenarnya bisa membuat makanan itu, tentunya dengan gizi dan terjamin higienisnya, hal ini penting untuk kesehatan anak anda, dan masa depan mereka.

Salam Sehat.